Langsung ke konten utama

Tips Anti Bingung Menjelang Kelulusan SMK

Bingung tingkat dewa?(sumber:Nongkrong.co)

Pernah gak si,kalian bingung menjelang detik detik UN atau UNBK,dan bingung menentukan langkah selanjutnya,kamu generasi milenial harus cerdas dan gak perlu bimbang karena di era teknologi kalian bisa mudah menemukan formula anti bingungnya,kalian bisa baca buku motivasi,atau artikel bermanfaat lain mengenai tujuan hidup berikutnya,salah satunya buku berjudul "Mau Kemana Setelah SMK?" karya Wulan Ayodya,jika kalian pernah baca mestinya kamu dapat pencerahan tentunya.Menjelang UN seharusnya kamu udah bisa menentukan tujuan,mengapa? karena jika kamu ingin kuliah di universitas favorit kamu harus dapat nilai yg UN yg baik,dan bila kamu ingin bekerja di perusahaan terkemuka kamu juga harus dapat nilai yg sesuai ketentuan perusahaan.Dan kamu beruntung baca artikel ini,kali ini saya akan membagikan tips anti bingung menjelang kelulusan versi ZINORR,yuk langsung saja stay read.

Tentukan Tujuan Hidupmu Secara Tulus

Jangan paksakan dirimu untuk menuruti paksakan orang tua,diskusikan masa depanmu,jika bingung pertimbangkan dan mencoba komunikasi pada guru favoritmu,guru bk atau orang lain yg lebih berpengalaman,tentukan langkahmu sesuai cita-citamu,dan jangan lelah untuk mencari kesuksesan.

Tentukan Pilihan,Kerja atau Kuliah?

Ada dua pilihan umum untuk anak SMK,pilih mana yg sesuai dengan kemauanmu,dan pertimbangkan secara matang,bila kamu ingin kuliah pertimbangkan soal keuangan,akomodasi,cita cita,jurusan,dan kualitas PTS/PTN.Jika kamu ingin kerja pertimbangkan motivasi,pendapat orang tua dan tujuan jangka pendekmu.

Ambil langkah selanjutnya,lakukan sesuai kemampuanmu.

Jika kamu pilih bekerja,maka persiapkan dirimu untuk segera mencari lowongan kerja di BKK di SMK mu,rajinlah bertanya dan aktif mencari info lowongan kerja di dalam sekolah ataupun di luar.Kalau kamu pilih kuliah saja kamu juga perlu bergerak mencari info pendaftaran  Universitas swasta atau negeri,sesuai dengan keinginanmui,selain itu kamu juga perlu menyiapkan nilai yg bagus untuk bisa masuk ke PTN favorit kamu.

Bagaiman bila kamu masih bingung,bagaiman langkah selanjutnya?

Kamu perlu segera wanti wanti atau antisipasi,kamu perlu mendaftarkan dirimu untuk bekerja,dan mendaftar kuliah. Dan pada akhirnya kalian bisa mudah menentukan mana peluang terbaik kamu sesuai kemampuamu untuk masa depanmu gemilang mu,misalnya bila kamu tidak diterima kerja,dan kamu akhirnya diterima kuliah,maka ini adalah peluang kamu selanjutnya.

Tidak mau bergelut dengan buku, ataupun jadi karyawan yg taat diperintah,wirausaha saja!

Ya,dengan wirausaha kamu bisa sukses loh,tapi tak semudah mengatakan,kamu wajib bekerja keras untuk jadi pengusaha sukses,pada mulanya kamu perlu mecari jenis usaha sesuai kesukaan dan kemampuan,bila sudah sukses kamu bisa meningkatkan kualitas usahamu menjadi lebih baik.Dan saat ini Indonesia masih perlu banyak pengusaha muda seperti kamu untuk membangun negeri kaya sumber daya alam ini.Ide inovatif dan peduli lingkungan perlu ditanamkan dalam dirimu,dan jangan jadi pengusaha yg merusak alam negeri.
Bagaiman?sudah menentukan pilihanmu,ambil kertas dan segera pikirkan,sebelum terlambat,demikian tips simpel dari ZINORR semoga bermanfaat,dan terus baca artikel bermanfaat lain hanya di ZINORR.Bye.
Baca Juga :10 Tips Belajar Efektif dan Benar

Komentar