Langsung ke konten utama

10 Tips Belajar yg Benar dan Efektif

Picture by.inspiratorfreak.com

Belajar merupakan salah satu kewajiban kita sebagai pelajar,namun pernahkah kalian mengalami kendala dalam pembelajaran ataupun saat belajar sendiri di rumah,dan pada kesempatan kali ini Zinorr akan memberikan tipsnya,saya akan mengulas bagaiamana sih cara belajar yg efektif biar tidak cepat lupa ingatan?,next list informasinya:

1.Temukan Gaya Belajar Kamu


Picture by.blog.teman-belajar.com


Ya,kalian harus menentukan gaya belajar kalian,gaya belajar adalah suatu cara yg digunakan untuk melakukan kegiatan belajar.Ada beberapa gaya belajar yg bisa kalian cocokan sendiri dengan kesenangan dan kenyamanan kalian.

Gaya Belajar Auditori,lebih mudah memahami dengan cara mendengarkan ,seperti mendengarkan  musik bernada materi,ataupun mendengarkan penjelasan dari teman atau guru,jika kalian paham dengan cara ini tapi memiliki pendengaran yg kurang,disarankan untuk mulai mengkombinasi tipe belajar lain.

Gaya Belajar Visual,kalian lebih mudah belajar dengan cara melihat gambar,grafik,bagan atau sejenisnya,kalian yg visual bisa belajar dengan cara menggambarkan materi yg kalian pelajari dengan metode maping yakni ringkasan materi yg tersusun secara urut atau sistematis yg terhubung melalui garis atau sejenisnya.Tertarik menggunakan metode maping?kalian bisa ,dan bila ada waktu Zinorr bisa mengulas metode ini lain waktu.

Gaya Belajar Kinestetik,kalian yg hobi berolahraga,mungkin kalian bisa pintar dengan memilih gaya belajar ini,orang kinestetik mudah paham belajar lewat praktik langsung,seperti kalian belajar materi bola lebih cepat paham dalam mempraktikannya daripada sekedar membaca materi bolanya.Kalian yg kinestetik bisa belajar dengan cara membaca materi kemudian mengulangnya secara teratur.atau mengaplikasikan suatu materi melalui gerakan.
Jadi putuskan,mana gaya belajarmu yg sesuai dengan kemampuannu,bila mengalami kesulitan dalam menentukan gaya belajar,kalian bisa konsultasikan kepada penulis melalui kolom komentar,atau guru BK di sekolah kalian.

2.Tentukan Tujuan Belajar Kamu

Tak ada tindakan tanpa suatu tujuan,ungakapan ini mengingatkan kalian,bahwa tujuan belajar itu untuk apa?,untuk meraih prestasi,membanggakan orang tua atau hanya sekedar tuntutan orang tua.Belajar tanpa tujuan akan membuat belajar kalian tidak maksimal dan tanpa motivasi.

3.Baca,Pahami dan Tulis Kembali Ringkasannya


Gaya belajar terbaik adalah gaya belajar yg melatih berbagai jenis gaya belajar.Artinya kalian bisa  mengkombinasikan gaya belajar melalui cara membaca sambil memahami,kemudian ingat kembali dan ucapkan,terus kalian bisa menulis  kembali materi yg telah kalian pahami dengan mengurangi frekuensi melihat materi kembali.

4.Belajar Itu Kontinyu Kecuali Hari Libur

Belajar secara teratur adalah cara yg lebih baik daripada belajar sekali dua kali kemudian tidak sama sekali,kalian bisa atur jadwal belajar sendiri,ingat kalian harus konsisten kecuali disaat urusan yg lebih penting,misalnya kalian bisa atur belajar tiap hari sekitar 45 menit dan libur di hari minggu.Intinya kalian harus lebih sering belajar jika ingin tidak mengulang lagi materi yg telah lupa.Dan jangan lupa selingi waktu belajat dengan beristirahat sekitar 5-15 menit untuk merefresh pikiran sejenak.

5.Belajar Secara Berkelompok

Picture by.kompasiana.com

Sesekali cari suasana belajar yg menyenangkan seperti belajar bersama,dengan ini kalian bisa saling bertukar informasi,saling melengkapi  dan bisa memperluas wawasan dengan berinteraksi bersama teman secara langsung.

6.Tidur yg Cukup (Dikutip dari www.akupaham.com)

Istirahat adalah hal yg vital,jangan paksa tubuhmu untuk belajar terlalu malam,tidurlah paling lambat pukul 10 malam,menurut studi yg dilakukan Universitas Harvard kalian bisa 35% lebih mengingat materi dengan tidur malam yg cukup daripada kalian yg tidur larut malam,jadi sekarang jangan salah pandangan ya.Jangan lagi belajar mati-matian hingga tengah malam sedangkan otak kalian sudah sangat lelah dan ingin istirahat.

7.Baca  30% dan 70% Untuk Mengulangi Kembali (Dikutip dari www.akupaham.com)


Jika kalian belajar Bahasa Inggris  1 jam gunakan 20 menit untuk membacanya,dan gunakan waktu 40 menit untuk mengulang dan memahaminya.Intinya lebih banyak mengulanginya dari pada membaca terlalu lama.Ini cukup efektif untuk kamu yg bergaya belajar kinestetik.

8.Isi Waktu Senggangmu Dengan Bermain game yg Melatih Kecerdasan Otak

Skillz game asah otak yg patut kalian coba!

Kecerdasan otak kalian perlu diasah dan terus digunakan untuk berpikir,jadi performa otak kita makin maksimal dan tajam dalam menganalisa,dan makin jago matematika deh.Kalian yg ber HP android bisa download game yg mengasah kecerdasan otak,misalnya seperti sudoku,puzzle,catur,Skillz dan sebagainya.Dan jangan gunakan mata kalian untuk melihat hal berbau negatif berupa konten ,film dan lainnya yg tidak berfaedah.

9.Perkuat Materi yg Kamu Kuasai Dengan Cara Menjawab Soal dan  Pelajari Materi yg Kurang Dikuasai dan Juga Jangan Lupa Catat Jadwal Ulangan.


Hal ini sangat penting,hal ini bisa terjadi tanpa kita duga,dari materi yg sebelumnya kita anggap mudah tiba-tiba lupa ingatan dan tentunya menghilangkan peluang poin pasti kita.Bilamana kita berusaha pastinya kita akan membuang banyak waktu untuk memikirnya,jadi mereview materi perlu diperhitungkan,selain itu pelajari dan luangkan waktu lebih untuk mempelajari materi yg kurang dipahami,poin selanjutnya tak kalah pentingnya untuk mencatat dan meninjau jadwal ulangan.,kecewa juga kan,belum belajar materi tapi jadwal ulangan tanpa kita sadari akan dimulai dalam beberapa menit ketika kalian masuk kelas.


10.Berdoa

Picture by.doahijaz.ID

Doa  adalah ibarat harapan kita kepada yg lebih berhak menentukan,maka dari itu,perkuat doamu kepada Tuhan,bagi pelajar islam hendaknya melaksanakan sholat dhuha ataupun sholat tahajud agar doa kita makin direstui oleh Allah SWT.Dan jangan lupa ibadah sholat fardunya dan berusaha berbakti kepada orang tuamu,yg paling utama adalah insan yg melahirkanmu ke dunia.

Demikian 10 tips belajar yg benar dan efektif,semoga bisa membuka wawasan ilmu kita,dan jangan lupa untuk membagikannya kepada teman seperjuangan kita di sekolah,akhir kata tetap semangat meraih prestasi tunjukkan bahwa kita bisa merealisasikannya,terima kasih sudah membaca,kita jumpa di lain artikel.Bye.

Komentar