Langsung ke konten utama

Milenial Wajib Tanam 3 Sayuran Hijau Pintar ini

Hay,kawan sudahkan kalian menanam,satu tanaman aja di rumah?,kalau belum,cobalah kawan tanam sayuran hijau,terutama sayuran yg  bergizi tinggi,kita kan milenial,tiap hari mungkin kita terpapar radikal bebas,debu,kotoran atau hingga sinyal jaringan dari smartphone kita yg tentunya akan mempengaruhi kualitas hidup kita.
Jadi milenial harus tahu bagaimana cara untuk menjaga kesehatannya,salah satunya dengan cara mengkonsumsi sayuran pintar
 berikut ini,dan kali Zinorr akan  membagikan 3 tanaman yg wajib ditanam  dirumah kalian,biar kalian gampang nyarinya dan gak ribet harus beli dulu,ok.

1.Brokoli Si Hijau Pintar

Foto bunga brokoli yg mulai tumbuh

Brokoli ini merupakan keluarganya kubis gan,mungkin bapaknya kubis kali ya,brokoli ini katanya dapat mencerdaskan otak pada balita loh,berdasarkan sumber dari internet gue pernah baca,bahwa sayuran ini mengandung antiokisan kuat seperti zeaxanthin, beta-karoten dan antioksidan lainnya.Oh ya antioksidan itu semacam senyawa pencegah radikal bebas,dan radikal itu gak sehat buat kita ,selain itu brokoli ini bermanfaat untuk pencegah penuaan dini,baik untuk tulang,pencernaan dan mencegah kanker,jugamengurangi kolesterol,dan tentunya baik untuk mata kalian,jadi tetap sehat mantengin layar hp,dan buat yg nyeri sendi juga ok makan brokoli.
so banyak manfaat lainnya,brokoli  ini mudah ditanam loh,tapi berdasar pengalaman gue,brokoli ini lama berbunganya hingga berbulan bulan,itu juga tergantung musim dan perawatannya,kalian harus memang rajin merawat dan memupuk.so kalau udah berbunga juga kamu harus ekstra merawat bunga puspa bangsa ini😀,karena kalau tidak ada si hijau ulat yg akan memakannya.
Brokoli yg mulai remaja

Daun brokoli penulis yg besar besar disebabkan oleh penyiraman air leri (cucian beras)


Panen brokoli menunggu dari bulan Juni hingga awal Desember


2.Daun Gedi Si Hijau Berlendir

Tanaman gedi milik saya yg tumbuh subur disamping rumah


Kalian baru tahu ya sayuran ini,ini termasuk sayuran loh,daunnya bisa diolah jadi sayur bening,atau sebagai campuran mie instan juga boleh,dan biasa digunakan pada campuran bubur manado.Daun gedi yang bernama latin Abelmoschus manihot L. Ini memiliki banyak manfaat,terutama pada ibu hamil, yakni:

  1. Memperlancar air produksi air asi.
  2. Memperkuat janin pada ibu hamil karena kandungan asam folatnya.
  3. Dapat mengobati anemia pada ibu hamil,daun gedi memiliki 
  4. Mengobati maag pada ibu hamil
  5. Membantu melelapkan tidur pada ibu hamil
  6. kandungan zat besi yg tinggi untuk pembentukan sel darah merah.
  7. Kaya protein dan vitamin A serat,daun gedi memiliki vitamin A 2 kali lebih tinggi dari bayam
  8. Tinggi vitamin C
  9. Mencegah pengeroposan tulang
  10. Menurunkan tekanan darah
  11. Mencegah penyakit jantung.
  12. Membantu mempercepat penyembuhan luka.
(Manfaat dikutip dari: manfaat.co.id)

Wow😨 sungguh besar khasiatnya ya kawan,terutama pada ibu hamil,dianjurkan untuk mengkonsumsi daun gedi secukupnya.Selain itu,tanaman dari daun gedi ini mudah ditanam dan mudah tumbuh,gunakan saja cara stek batang,cukup ambil batang yg muda (jangan yg terlalu muda,pilih batang yg sudah cukup besar) lalu ditanam di tanah yg gembur dan siram setiap hari secukupnya, maka akan tumbuh dengan sendirinya.Jadi jangan sungkan untuk menanam sendiri tanaman gedi ini ya,karena tidak dibutuhkan perawatan yg banyak.


3.Seledri Si Harum Kaya Manfaat



Seledri (Apium graveolens L.) adalah sayuran berupa daun yg memiliki bau harum yg khas,biasanya sayuran ini dapat kita jumpai di berbagai olahan makanan  seperi bakso,soto dan sup atau dlm bahasa jawa disebut "jangan bening".Dan sudahkah kawan tahu manfaatnya apa saja?,jangan hanya konsumtif saja ya kawan,yuk kenali manfaatnya sebagai berikut:

  1. Menurunkan kolesterol.
  2. Ramuannya  adalah dengan mencuci 30 gram akar seledri sampai bersih, lalu rebus dalam 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas.
  3. Setelah dingin, saring. Airnya diminum sekaligus.
  4.  Menurunkan tekanan darah
  5.  Mengurangi sakit perut dan gangguan lambung
  6. Mengatasi alergi
  7. Meredakan batuk dan mengobati bronkitis.
  8. Mengatasi mata kering
  9. Obat reumatik
  10. Ramuannya  adalah dengan menyiapkan 30-40 lembar daun seledri, lalu siram dengan air panas.
  11. Makan sebagai lalapan dan lakukan dua kali sehari.
  12.  Menjaga kesehatan ginjal
(Manfaat dikutip dari :grid.id)

Si harum ini selain punya banyak manfaat dapat kalian tanam dengan mudah karena memang mudah tumbuh dan perawan mudah,kalian bisa membeli bibit seledri di daerah kalian ataupun memanfaatkan seledri di dapur yg masih tersisa akarnya,lalu ditanam di tanah yg subur,so seledri ini dapat tumbuh di ketinggian 79 meter di diatas permukaan laut loh,seperti di rumah saya dengan hawa yg panas.

Jadi kapan lagi kalian menunggu,ayo segera tanam sayuran kaya manfaat di atas!,selain kita bisa memanen sendiri,tanaman yg kita tanam ini dapat memperhijau rumah dan menyegarkan mata,sekaligus penyuplai oksigen.Terima kasih sudah membaca artikel ini,dan jangan sungkan berkomentar untuk memberikan kontribusi yg positif.
Salam Go Green.

Komentar