Langsung ke konten utama

Untung Berkah Dengan Reksadana Syariah

Industri investasi Reksadana Syariah tidak sekedar untuk investasi, namun lebih berprinsip ke kaidah agami, walaupun reksadana syariah belum menjadi pilihan utama sebagian besar investor dalam berinvestasi reksadana karena selain kalah dalam hal jumlah nya, reksadana juga memiliki kualitas kinerja masing-masing,namun reksadana syariah adalah solusi bagi umat muslim yang ingin berinvestasi di pasar modal, berbeda dengan reksadana konvensional,di Reksadana Syariah tidak ada sistem bunga yang pada hakikatnya mengandung unsur riba, melainkan menggunakan sistem bagi hasil sesuai kesepakatan masing-masing pihak yang terkait.Reksadana Syariah tidak masuk dalam lini ekonomi yang menjual barang haram,bermudharat dan penipuan atau bank yang menganut sistem bunga.
Berikut Perbedaan Reksadana Syariah Dengan Reksadana Konvensional:



Instagram.com/bibit.id

Lalu Apa Saja Kriteria Daftar Efek Syariah?


Instagram.com/bibit.id

Reksadana Syariah Terbaik
Berikut Daftar Reksadana Terbaik Versi Penulis:
1.Sucorinvest Sharia Money Market Fund(Reksadana Syariah Pasar Uang)
ReksaDana ini memiliki kinerja yang cukup konsisten, perharinya bisa 0.02%.kinerja dalam satu tahun terakhir diatas 7%.. Tercermin dari dana kelolaan yang cukup besar diatas 500 miliar,dan expense ratio dibawah 1% persen menunjukkan kepiawaian manajeri investasi dalam mengelola reksadana.

2.Majoris Sukuk Negara Indonesia (Reksadana Syariah Obligasi)
Dengan kinerja yang konsisten diawal tahun, pernah mencapai 11% dalam kinerja 1 tahun,MAJSUNI tergolong reksadana yang berkinerja cukup baik, memiliki dana kelolaan lebih dari 400 miliar,dengan expense ratio dibawah 1.9%,dan drawdown sekitar 5%.

3.TRIM Syariah Saham (Reksadana Syariah Saham)
Pernah memuncaki return tertinggi dibanding Reksadana Syariah Saham lain,TRIM memang cukup baik kinerja nya, walaupun memiliki standar deviasi atau risiko penurunan tinggi,juga diimbangi kenaikan yang tinggi juga (menurut pengamatan penulis), dengan dan keloaan  lebih dari 60 miliar per bulan Mei.Expense ratio juga mengalami kenaikan menjadi 5%.

4.Schroder Syariah Balanced Fund (Reksadana Syariah Campuran)
Merupakan jenis reksadana Campuran berimbang yang 50% efeknya bersifat ekuitas, pernah mencapai return diatas 41% dalam 5 tahun pada periode 2018.dengan dana kelolaan lebih dari 250 miliar.

5.Eastspring Syariah Fixed Income Amanah Kelas A (Reksadana Syariah Obligasi)
Memiliki dana kelolaan lebih dari 500 miliar,dengan expense ratio rendah sekitar 1%, reksadana ini mampu mencetak return lebih dari 20% dalam 3 tahun terkahir peiode 2020.

6.Danareksa Indeks Syariah (Reksadana Syariah Saham)
ReksaDana ini dikelola secara pasif karena sebagian besar efeknya menyamai indeks acuannya,dengan memilh reksadana Indeks, sobat investor bisa terhindar dari kinerja reksadana Saham yang buruk atau dibawah pertumbuhan pasar saham.Danareksa Indeks Syariah memiliki indeks acuan JII(Jakarta Islamic Index),jadi kurang lebihnya berisi 30 saham syariah terbaik.

Kinerja Reksadana Syariah Tidak Kalah Dengan Kinerja Reksadana Konvensional

Jangan khawatir ya sobat investsi yang beragama Islam, kinerja reksadana Syarah enggak kalah kok dengan yang konvensional, Bahkan ada manajer investasi terbaik yang mengelola reksadana syariah yang berprestasi.Kita liat saja produk milik Sucor asset manajemen, reksadana Sucorinvest Sharia Money Market Fund memiliki Kinerja yang cukup  konsisten Menurut saya dan pernah meraih penghargaan di tahun 2019.

Bagaimana,siap berinvestasi di reksadana syariah, selain untung berkah reksadana syariah bisa mewujudkan mimpi bebas finansial mu, dalam jangka panjang investasi akan menghasilkan Return yang optimal.Jadi jangan gunakan uangmu untuk hal bersifat hura-hura,ada baiknya ditabung atau disedekah kan kepada orang yang membutuhkan.

Komentar