Langsung ke konten utama

Cara Mengadaptasi Tanaman Stroberi di Dataran Rendah

Tanaman stroberi dataran rendah

Tau gak sih?,umumnya tanaman stroberi tumbuh di daerah pegunungan,namun sobat farm jangan berkecil hati kalian juga bisa menanamnya di daerah dataran rendah,seperti di daerah saya yg memiliki ketinggian 79 meter diatas permukaan laut.Tetapi bisa tumbuh walaupun buahnya gak sebesar yg di pegunungan.Namun usaha susah kamu akan terbayar jika tanaman stroberimu sudah berbuah manis asam segar.Yuk lihat caranya.

Siapkan Alat dan bahan berikut:
1.Tanaman Stroberi
2.Polybag/wadah bekas
3.Tanah humus/yg subur
4.Arang Sekam (kulit gabah yg telah gosong)
5.Tanaman yg berdaun besar/bisa menggunakan jaring berwarna hitam berpori kecil atau juga plastik hitam.

Langka Kerja:
1.Campur tanah humus dengan arang sekam,perbandingnnya 2:1,1 untuk arang sekam,lalu masukan ke dalam polybag atau wadah bekas bisa yg minimal tinggi 20cm dan lebar 20cm biarkan beberapa hari agar sirkulasi udara dalam tanah baik.
2.Tanam stroberi pada sore hari,maksimal 2 tanaman untuk 1 wadah.dan siram secukupnya
3.Setelah 12 jam pasca penanaman hindarkan dari sinar matahari langsung,caranya tanaman bisa ditaruh di bawah tanaman yg rimbun.atau dibuatkan jaring penyaring sinar diatasnya.atau dititupi plastik hitam.
4.Setelah hari ketiga,biarkan tanaman terkena matahari pagi secara tdk langsung,biarkan sedikit terkena sinar matahari selama 2 jam saja.terus selama 1 minggu.dengan pencahayan meningkat 2,3,4 jam
5.Setelah satu minggu,dan tanaman sudah tidak terlalu layu bila kena panas,sobat bisa biarkan tanaman menyerap sinar pagi secara langsung,sebaiknya taruh tanaman di tempat yg pencahayaannya pagi sampai siang jam 12 saja,karena stroberi tdk membutuhkan full sun sepanjang hari.
Tanaman yg sudah siap dibebaskan sinar matahari memiliki ciri daun segar dan tidak terlalu layu jika terkena sinar.

 Buah stroberi yg masih muda

Dan selamat,tanaman anda sudah menjadi tanaman stroberi dataran rendah,dan jangan lupa tiap minggu atau 1 bulan berilah pupuk sbg nutrisi tanaman.selamat mencoba.
Salam Go Green!

Komentar