Langsung ke konten utama

Tips 2 Minggu menjelang UN SMK 2019 dan Bagaimana Cara Mempersiapkannya?


Hasil gambar untuk ujian nasional
Ujian Nasional by.Okezone

Wow,gak terasa sebentar lagi UN udah di depan mata,padahal banyak munculnya persoalan dan pertanyaan,aduh gimana nih persiapannya?,aduh tips belajar cepetnya dimana?dan Bagaiman cara terbaik hadapi UN.Gak usah keburu panik ya,ZINORR akan berikas solusinya terbaik buat kamu.
Pada intinya dalam menghadapi UN,kamu harus persiapkan 3 hal penting yakni fisik,mental dan bekal,bukan bekal cemilan ya tapi bekal Pemahaman materi yg baik,selain ada juga persiapan non teknis seperti manajemen waktu,dan jadwal belajar.Tanpa berlama lama ayu kita pahami tips tipsnya berikut.

Apa yg harus dipersiapkan dan diprioritaskan menjelang...
A. 2 minggu UN?

1.Persiapkan Materi,Kumpulkan Catatan,dan Pelajari Materi Yg Dirasa Sulit

Hasil gambar untuk tumpukkaN BUKU
Himpun berbagai catatan dan buku By.Pixabay
Hal ini penting jangan sampai kamu buang waktu cari buku catatan yg kamu inginkan,padahal jam belajar kamu dirumah sempit,sedangkan deadline belajar udah waktunya,maka dari itu himpun atau kelompokan catatan menjadi satu,misalnya bisa ditaruh di plastik yg biasa kamu dapat saat memfotokopi.Meridian Pelajari materi yang dirasa kurang paham,dan jangan putus asa,jika dirasa kurang paham ,tanya atau browsing bisa banget,lumayan kan satu materi sulit berhasil kamu pahami.

2.Buat Jadwal Belajar Mandiri dan Rutin Belajar.

Mulai atur jadwal belajarmu,dan ingat kalian harus rutin belajar,agar materi yg kamu pelajari masih tebayang bayang di kepalamu,dan hindari sekali belajar langsung lupa.Dan mulailah belajar materi dan kerjakan soalnya.

3.Baca Sekilas Semua Materi Materi dan Kisi Kisinya

Dengan membaca sekilas materi beserta caranya,kamu akan paham,rutin lakukan hal ini menjelang 2 minggu un,insyaallah kamu akan makin mudah memahaminya.

4.Persiapkan Soft skill belajar kamu,Misalnya Belajar Ngitung Cepet.

Kalian bisa belajar secara efektif dalam mengerjkan soal,hal ini akan menguntungkan kamu,selain bisa ngerjain dengan cepat kamu bisa mengakali soal soal yg super sulit dan butuh waktu lama.
Contoh Soft skill atau Keterampilan Yg harus dipelajari yakni:

Bahasa Indonesia:

a.Cara membaca Cepat
b.Cara praktis memahami inti bacaan
c.Cara Mengetahui ciri jawaban yg tepat


Matematika dan Kompetensi Kejuruan:

a.Menghitung cepat
b.Memahami inti soal
c.Efisiensi penghitungan
d.menghitung praktis tanpa rumus
e.analisis cepat soal.
f.membaca cepat

Bahasa Inggris :

a.mendengar secara efektif
b.penalaraan bacaan
c.memahami inti soal dan bacaan.
d.memahami kemiripan kosakata
e.analogis verbal

Pada intinya kamu harus meningkatkan kemampuan lain yg dapat menunjang kemampuanmu dalam memecahkan soal.

5.Hadapi Try Out dengan Serius,Anggaplah Sebagai Pondasi Kamu Untuk Mencetak Nilai Terbaik

Kesempatan try out atau latihan soal jangan disiakan,boleh saja bila try out pertama santai,tapi yg kedua dan seterusnya harus kamu perjuangkan bila tak ingin mendapat nilai jelek.

6.Rajin Beribadah Mintalah Kepada yang Maha Kuasa

Mulailah berandai dan curahkan apa yg ingin kamu wujudkan,dan kabulkanlah melalui ibadah malamu,misalnya kamu bisa bangun untuk sholat tahajjud atau sholat hajat.Yakinlah kamu tidak sendirian dalam menghadapi ujian.

B.Menjelang 1 minggu UNBK

1.Mantapkan pemahaman,dan materi yang telah Dikuasai.

Jangan sampai ketika hari H nya kamu lupa cara atau rumusnya,padahal kamu sebenarnya udah jago sebelumya,pasti nyeselnya gak ilang² alias nyesel tingkat dewa.

2.Kerjakan soal,dan hitung berapa lama kamu menuntaskan soalnya.

Cara ini agar mengujur kemampuanmu dalam memecahkan soal,jadi kamu bisa tau kamu lamanya di soal tipe a atau b,dan cari solusinya.

3.Persiapkan Hal Lain Diluar materi seperti:

a.jadwal tetap ujian nasional
b.kondisi kendaraan/akomodasi
c.kesehatan,jangan begadang menjelang UN.
d.motivasi
e perlengkapan atribut pakaian dan alat tulis
f.datang lebih awal ketika ujian
g.bawa snack atau air mineral jika perlu.

4.Break Sebentar Satu Hari Menjelang Ujian

Di hari Sabtu atau Minggu kalian bisa santai,lakukan kegiatan ringan dan menyenangkan,misalnya olahraga atau jalan jalan,atau makan makanan favorit,jangan sampai kamu terlalu  stress mikirin UN.Terlalu stress malah bikin kamu pusing dan gak semangat ngerjain ujiaanya.

5.Minta Doa Restu Tua,Dan Minta Reward Jika Kamu Berprestasi  di UN

Tapi ingat,minta reward atau hadiah sewajarnya,jangan paksakan kemampuan orang tuamu,jadikan hadiah sebagai semangat tambahan dalam meraih nilai impian.

6.PD Aja hadapi UN

Dengan rasa percaya diri tinggi,kamu akan good mood selama ngerjain soal,pilih soal yg aggap kamu mudah,sisanya yg sulit kerjakan di waktu pertengahan.Dan JANGAN LUPA KOREKSI JAWABAN SEUSAI MENGERJAKAN SOAL.

Gimana udah siap belum menghadapi UN,dengan bekal di atas saya harap kalian makin mantap dengan kemampuan kalian dalam menjalani UN,semoga sukses ya kawan kawan pelajar Sekolah Menengah yang akan berlaga di  UN 2019,bersama gue yg juka akan berlaga,mari persiapkan Ujian Nasioanl dengan semangat dan optimis,bila ingin bertanya tentang persiapan UN,kalian bisa komen di bawah ya,sekian semoga artikel ini bermanfaat,salam Sukses UN 2019!


Komentar